Cyber Country?

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, penulis ingin menuangkan sekelumit pengetahuan tentang implementasi atau penerapan teknologi informasi dalam bidang politik. Kita sadari bahwa saat ini teknologi informasi memang sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat indonesia. Contohnya saja handphone, sudah hampir semua masyarakat dari anak-anak sampai orang tua pun sudah memanfaatkan perangkat ini. Memang sekarang jamannya teknologi informasi sedang gencar-gencarnya di hembuskan dalam paradigma kehidupan masyarakat luas.Penulis juga akan membahas lebih jauh tentang hal ini nanti di dalam penulisan ini. Rasanya amat sangat ketinggalan kalau kita tidak memanfaatkan kemudahan ini.


Source gbr : fisifuntirta

Pemerintah  juga mendukung perkembangan teknologi informasi dalam segala bidang, baik bidang pendidikan, perdagangan, perbankan, politik, pertahanan keamanan negara dan berbagai bidang lain yang tidak bisa penulis sebutkan satu per satu.Begitu pentingnya teknologi informasi, pemerintah pun memberikan dukungan bagi bermacam-macam event yang berhubungan dengan hal tersebut.Bermilyar-milyar dana dikucurkan untuk mendukung perkembangan teknologi informasi yang nanti pada akhirnya juga sangat bermanfaat bagi masyarakat bangsa dan negara.Sesuai tujuannya pemerintah kita juga harus mampu mewujudkan peningkatan kualitas penduduknya salah satunya dalam bidang teknologi informasi.Kalau warga negara tidak ”melek” teknologi maka sangat susah pemerintah untuk memujudkan masyarakat yang maju.Jangan sampai kalah dengan negara lain lah. Contohnya saja di negaraluar seperti Amerika Serikat, Kanada, Belanda, Irlandia, sudah sangat maju dalam pemanfaatan teknologi informasi nya, sehingga pemerintah sangat-sangat mudah menyampaikan kebijakan-kebijakan dan hal-hal lain yang menyangkut pemerintah dengan warga negaranya tersebut.Dalam hal ini pemerintah tidak usah repot-repot untuk mengatur warga negaranya karena semua urusan kebijakan pemerintah langsung dapat di akses warga negaranya dalam waktu singkat atau real time. Pemerintahan jadi lebih transparan dan lebih fair dengan warga negaranya.Tidak ada yang di tutup-tutupi dengan segala kebijakan dan pengambilan keputusan dalam pemerintahan nya, karena semua warga negaranya wajib tahu secara transparan apa yang pemerintah akan lakukan untuk pembangunan negaranya.Penulis rasa cukup pengantar ini , untuk menuju pokok bahasan selanjutnya yang dalam penulisan ini akan di bahas pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang politik.Cukup banyak yang akan di bahas sesuai kemampuan dan pengetahuan tentang teknologi informasi yang penulis ketahui.

a .Apakah teknologi informasi bisa mewujudkan pemerintahan yang maju dan modern?

b. apa manfaat dan penerapan teknologi informasi dalam pertahanan dan keamanan negara?


Dalam pembasan ini penulis akan membahas tentang manfaat teknologi informasi dalam bidang politik contoh nyatanya anatara lain :

1.Pemerintahan yang berbasiskan web.

Dalam hal ini semua instasnsi pemerintahan wajib mempunyai web untuk mendukung kegiatan operasional nya. Dengan adanya web, instansi pemerintahan tersebut lebih mudah menyampaikan informasi nya kepada masyarakat. Dalam penyampaianya pun tidak memakan banyak waktu dan biaya sehingga dapat menghemat biaya operasional negara.Dan lingkup penyampaian nya pun bisa lebih luas dan menjangkau daerah-daerah yang terpencil.tapi dengan syarat daerah tersebut sudah ada jaringan internet. Sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk mendukung perluasan penyebaran jaaringan internet sampai ke pelosok-pelosaok tanah air ini, bisa dengan bekerjasama dengan pihak swasta seperti PT. Telkom, Indosat dan provider lain.

Sebagai contohya saja dari tingkat bawah dulu, misalnya saja di tingkat kampung, alangkah bagusnya kalau setiap kampung di negeri ini sudah ada jaringan internet gratis, sehingga warga masyarakat pun dapat dengan sangat mudah mengakses informasi dan menyampaikan kritikan kepada pemerintah melalui internet. Jadi tidak perlu demo-demo segala yang hanya akan berakibat anarkis. Untuk tingat selanjutnya yaitu di tingkat kelurahan dan kecamatan. Apakah tidak lebih baik dalam pelayanan nya sudah berbasis teknologi informasi? Contoh nya saja, dalam pembuatan surat-surat administrasi desa seperti pembuatan Kartu keluarga, KTP, surat kematian, dan lain-lain.Dalam praktek sehari-hari yang saya amati saja di daerah saya di Pakem sendiri masih belum menerapkan teknologi informasi secara maksimal, jadi setiap kita akan mengurus surat-surat yang berhubungan dengan pemerintah desa jadi terkesan lambat dan menunggu lama. Misal pembuatan KTP saja, memekan wktu tiga hari, apakah tidak bisa di jadikan satu hari atau satu jam, bahkan 5 menti saja? Harusnya kan bisa itu diwujudkan asal aparatur pemerintahan desa sudah menguasai penggunaan teknologi informasi dan internet. Pemerintah desa tinggal membuat web saja, semua informasi desa bisa diakses warga dari web itu.

Dari pengambilan formulir-formulir isian yang digunakan untuk mengurus surat-surat yang akan digunakan warganya. Jadi warga tinggal download dirumah kemudian di iisi yang benar sehingga pemerintahan desa lebih enak dalam melayani masyarakat, misal saja dalam pembuatan KTP jadi online bagaimana bisa? Bisa saja itu diwujudkan, dengan cara jika semua data yang berhubungan dengan warga sudah di data dan di masukan kedalam data base server di pemerintaha desa.jadi warga pun bisa dengan mudah membuat kartu tanda penduduk dengan hanya mengisi formulir atau blangko online saja. Dilengkapi data-=data nya dan tinggal di cetak dari rumah. Tapi hal tersebut bisa jadi sulit kalau warga sendiri banyak yang belum tahu cara menggunakan internet. Maka harus diadakan pelatihan-pelatihan di kampung-kampung supaya warga tahu dan bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan lancar. Kan jadi lebih mudah dan gampangkan? Ya semua itu mungkin saaat ini masih harapan-harapan saja dari penulis, tapi alangkah baik nya kalau hal tersebut bisa terwujud.

Selanjutnya di tinggkat kabupaten, demikain juga di tinggat ini kalau semua pelayanan sudah berbasis web dan web itu digunakan dengan maksimal dan bukan hanya web mati saja dan penggunaanya tidak maksimal pun akan jadi kurang maksimal penggunaanya. Di tingkat kabupaten atau kotamadya pun bisa dijalankan pemerintahan berbasis web atau web based uistikah kerennya. Degan ini pila warga bisa dengan mudah mengaksaes informasi dari pemerintahan kabupaten dengan mudah. Segala kebijakan yang di buat pemerintah kabupaten atau kotamadya pun bisa dengan mudah di akses warga di tingkat kecamatan dan desas sampai ke kampung-kampung. Tidak perlu banyak biaya untuk menginformasikan hal-hal yang perlu diinformasikan pemerintah kabupaten atau kotamadya kepada warganya . Jadi lebih akuntabel dan transparan, seperti yang di idamkan pemerintah saat ini.Asalkan ada kemauan pasti ada jalan kan? Ya dari saat ini memang sudah diterapkan dengan membuat web di masing-masing intasnsi pemerintahan tapi juga belum sampai menyentuh sampai ke semua insatansi sampai ke tingkat paling bawah. Memang sudah ada yang menerapkan model pelayanan pemerintahan dengan satu pintu, contoh kota sragen saja, saya lihat di televisi sudah menerapkan itu. Mungkin memang sudah didukung dengan pemanfaatan teknologi informasi juga. Sehingga model pelayanan nya sudah lebih maju dibanding dengan pemerintah kabupaten lain

Masuk ditingkat provinsi, alangkah lebih baik penerapan pemerintahan yang sudah web based juga sudah diterapkan dengan maksimal sehingga jalannya pemerintahan di tingkat bawah juga jadi lebih maksimal, semua informasi di tingkat provinsi bisa dengan mudah di akses oleh pemerintah kabupaten , desas dan wawrga juga bisa langsung tahu apa program dan kegiatn serta informas-informasi lain yang berguna bagi warganya. Contohnya kalau di tingkat provinsi ada informasi dari pemerintah pusat yang sudah web based juga, maka kalau ad lowongan pekerjaan yang dibuka di instansi tersebut atau di insatnsi lain dapat langsung diketahui oleh warganya yang memebutuhkan pekerjaan. Kan saat ini memeng sulit mencari kerja, lebih enak membuat pekerjaan atau wira usaha. Tapi informasi tersebut tetap diperlukan untuk di infomasikan kepada wargnya. Snagt tidak baik kalau ada lowongan pekerjaan tapi terkesan tertutup dan hanya orang tertentu ynag tahu. Kan pemerintahan saat ini wawjib transparan,akuntabel dan bebas “KKN” katanya! Wajib lah untuk pemerintah dari tingkat atas sampai bawah juga mewujukan cita-cita itu.Masih menjadi cita-cita juga, tetapi dengan adanya web pemerintah ini diharapkan jadi lebih bisa baik sesuai harapan yang dicita-citakan.

Dengan pemerintahan yang sudah web based ini diharapkan hal tersebut yang merugikan Negara jadi lebih terminimalisir sedikit demi sedikti lama-lama hilang juga kebiasaan buruk itu. Sampai-sampai pemerintah membentuk badan independent yang mengurusi tindak kejahatan yang dilakukan oleh aparatur pemerintahan kta. KPK atau Komisi Pemberantasan Korupsi. Ini di bentuk untuk mengurusi hal tersebut. Korupsi dan sejenisnya sudah menjadi momok dalam pemerintahan kita. Sudah sejak dulu ada korupsi, tapi baru lima tahunini di urusi dengan intensif. Indonesia termasuk dalam negara korup urutan lima besar di dunia, bagaimana hal tersebut bissa terjadi? Ini menyangkut dengan system pemerintahan kita yang sudah dari pemerintahan dahulu yang sudah membudaya. Ya , apa kata dunia kalau kita harus terpuruk dengan KKN, banyak hutang dan hampir semua aset nasional kiat jadi milik swata dan asing hanya karena pemerintah tidak bisa mengurusi dengan benar asset-aset tersebut. Memang sudah bukan pertanyaaan lagi kalau tetep tidak ada perubahan lagi dalam system pemerintahan kita jadi lebih bebas KKN maka negar kita akan terpuruk di dalam kemunduran.

Selanjutnya di tingkat pemerintah pusat., sudah wajib untuk menggunakan pemaanfaatan teknologi informasi tersebut seperti web based government. Sehingga semua kebijakan pemerintah pusat dapt dengan langsung diinformasikan kepada warga negaranya tanpa menunggu waktu yang lama. Cukup dengan di upload di web pemerintah pusat saja. Nanti semua insatnsi dan warga negara dapat langsung tahu perkembangan berita tekini dari pemerintah pusat tentang apapun yang berhubungan dengan pemerintahan yang wajib di informasikan kepada warga negaranya. Memang harus wajib mempunyai portal informasi yang sudah baik dan terkoneksi dengan semua aparatur pemerintah dan warga negara nya.

Hal tersebut juga di dukung penuh oleh peperintah seperti pada pidato Presiden pada tanggal 3 Mei tahun 2005 yang berpidato pada acara pembukaan Konferensi Teknologi Informasi di Istana Merdeka yang di hadiri perwakilan dari institusi pendidikan, perusahaan dan pemerintahan. Intinya peperintah sangat mendukung kegiatan dan upaya semua pihak yang bertujuan meningkatkan mutu kehidupan negar dengan pengembangan teknologi informasi di segala bidang kehidupan.

Sebagai contoh saja dalam pemerintahan kita perlu dibuat system pemerintahan yang bebas KKN , akuntabel dan transparan. Semua itu dapat di bentuk salah satunya dengan pemanfaatan teknologi informasi untuk membuat hal tersebut dapat terwujud. Pemerintahj mendukung semua masyarakat khususnya dari civita akademika yang membuat konten-konten untuk dimanfaatkan instansi-insatansi pemerintah seperti pendidikan, contoh pembuatan game pendidikan.Itu sangat mendukung sekali dengan arah pendidikan kita yang akan di arahkan kepada pendikdikan yang moderen dan berbasis teknologi informasi. Contoh dari ITB Bandung, yang konon merupakan universitas teknik tertua di Indonesia paling getol dalm membuata content-content yang berhubungan dengan pendidikan dan teknik. Pemerintah juga telah mencanagkan e-government menuju good governance. Apa itu e-government dan good governance? E-government yaitu system pemerintahan yang sudah baerbasis teknologi informasi dan internet. Jadi penjabaranya, semua aspek pemerintahan sudah terhubung dalam satu system pemerintahan yang online. Sesuai dengan topik karya ilmiah ini yaitu implementasi teknologi informasi dalam bidang politik, tidak jauh dari ini, e-government juga sangat lah tepat untuk kita bahas cesara mendetail.Diatas kita sudah membahas apakah teknologo informasi itu bisa diterapkan di dalam pemerintahan kita dari tingkat pemereintahan yang paling bawah sampai pusat. Ternyata pemerintah punya komitmen dengan hal itu. Mulai saat ini saya amati hampir semua instansi sudah web based dan sudah dijalankan. Tetapi saya rasa masih belum mencapai sasaran yang nyata dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Seyogyanya harapan-harapan penulis diatas dapat terwujud di dua atau tiga tahun mendatang. Dengan e-government yang dicanangkan pemerintah tersebut tidak mustahil akan terwujud suatu pemerintahan yang maju dan modern sehingga akan terwujud masyarakat yang makmur dan sentosa. Bukan impian saja , semua itu bisa terwujd jika pemerintah benar-benar serius dalam mengimplementasikan teknologi informasi tersebut dalam pemerintahan dan politik negara kita. Jadi dengan hal tersebut pemerintahan kita bisa jadi lebih maju dan modern. Yaitu menuju good governance, yang pada intinya dengan adanya e-government maka akan mendukung terwujudnya good governance. Sangat mungkin pemerintah kita jadi lebih bisa menghemat biaya penyampaian informasi ke lembaga pemerintahannya dan kepada warga negarannya. Dengan demikian semua kekurangan dan dan kesalahan bisa di hilangkan sepaerti prakter-prektek korupsi yang merajalela saat ini. Ya bukan mustahil walaupun dengan adanya web based government ini tidak akan terjadi tindak-tindak kejahatan itu. Tetspisudah upaya yang lebih baik untik membuat segala informasi jadi transaparan dan di mengerti secara luas oleh masyarakat. Toh kalau mau korupsi tetep masih ada kemungkinan cara lain. Tetapi tu juga tergantung pada moral individu yang bersangkutan. Walaupun sudah mengarah ke e-government di segala bidang pemerintahan tetap masih ada banyak kelemahan dengan system ini. Seperti belum menguasai nya semua aparat pemerintah tentang penerapan dan aplikasi tersebut, di samping itu juga masih meraja lela nya para hacker dan cracker. Hal tersebut sangat lah membahayakan bagi data-data negar apabila sampai di ambil orang-orang yang tidak bertangungjawab. Ini bisa membahayakan negara dan keamanan serta stabilitas politik kita. Maka dari itu perlu dibuat system yang baik dan aman. Walaupun tidak ada system yang seratus persen aman , tetap harus kita berusaha membuat system itu, mungkin dengan membuat suatu portal atau istilahnya pemancar khusus yang di lengkapi system yang kuat seperti punya Amerika , di Pentagon mungkin. Tetapi masih ada saja orang hebat yang bisa menembus system itu.

Diharapkan juga pemerintah dapat mengatur frekuensi jaringan yang digunakan untuk koneksi internet di Indonesia juga supaya bissa dibuat lebih murah dalam pelayanan nya. Perlu juga di atur penyebaran warung internet yang di tujujan untuk pemerataan penyebaran informasi dari pemerintah dan untuk mengakses informasi penting bagi pendidikan, perdaganggan bisnis dan manfaat positif lainnya. Dengan ini otomatis ekonomi lancar, pendidikan maju, banyak informasi masuk, dan masyarakat jadi lebih maksimal dalam berkarya dan bekerja . Walaupun ada juga dampak negative dari internet ini seperti ,carding, hacking,cracing dan pornografi dan seagainya ,tetapi dari internet kita bisa mengambil positifnya saja. Jangan main-main dengan tindak kejahatan dengan internet, karena sudah ada undang-undang ya yang berhubungan dengan telematika dan transaksi internet serta pornografi. Bagi yang ketahuan melanggar bisa di tindak sesuai hokum yang berlaku. Memang undang-undang ini sengaja di buat untuk membatasi ruang gerak para pelaku kejahatan internet. Walaupun demikian tetap kita berusaha untuk mengambil positif dan manfaatnya saja. Semoga dengan undang-undang itu jadi lebih terminimalisir kejahatan yang terjadi di dunia maya. Apabila kejahatan itu masih terjadi akan sangat merugikan semua pihak. Contoh apabila web pemerintah kita di hack oleh orang yang tidak bertangjawab, apa jadinya? Informasi dan pelayanan kepada masyarakat jadi terganggu, stabilitas negara juga akan terancam.

Oleh sebab itu memang harus dibuat suatu system yang terbaik untuk melindungi data-data negara tersebut. Bagaimana carnya? Semua itu akan berpengaruh pada stabilitas politik negara kan? Oleh karena itu kita wajib tidak ikut-ikutan jadi pelaku kejahatan internet. Masih banyak hal-hal positf lain yang bisa diambil dari internet. Kita akan pandai jika bisa memanfaatkan internet kita akan jadi pandai. Kita juga wajib melaporkan tindak kejahatan di dunia maya jika tahu ada orang atau kelompok yang sengaja meusak atau menggunakan web dari pemerintah yang tidak sebagaimana mestinya. Sehingga kita bisa membantu mengurangi dampak kejahatan internet. Dan bukan hanya itu sasja dampak dampak negative dari penggunaan internet atau dunia cyber yang ada, didisi akan saya kutipkan naskah dari undang-undang tentang informasi dan transaksi elektronik yang sudah dibuat oleh pemerintah :

“Kegiatan siber meskipun bersifat virtual tetapi dikategorikan sebagai tindakan dan perbuatan hukum yang nyata. Secara yuridis untuk ruang siber sudah tidak pada tempatnya lagi untuk mengkategorikan sesuatu dengan ukuran dan kualifikasi konvensional untuk dapat dijadikan obyek dan perbuatan, sebab jika cara ini yang ditempuh akan terlalu banyak kesulitan dan hal-hal yang lolos dari jerat hukum. Kegiatan siber adalah kegiatan virtual tetapi berdampak sangat nyata meskipun alat buktinya bersifat elektronik, dengan demikian subyek pelakunya harus dikualifikasikan pula sebagai telah melakukan perbuatan hukum secara nyata.

Salah satu hal penting adalah masalah keamanan. Terdapat tiga pendekatan untuk mempertahankan keamanan di cyberspace, pertama adalah pendekatan teknologi, kedua pendekatan sosial budaya-etika, dan ketiga pendekatan hukum. Untuk mengatasi gangguan keamanan pendekatan teknologi memang mutlak dilakukan, mengingat tanpa pendekatan teknologi suatu jaringan akan sangat mudah disusupi, dintersepsi, atau diakses secara ilegal dan tanpa hak.3 Oleh karena itu, pendekatan hukum dan sosial budaya-etika sebagai bentuk pendekatan berikutnya menjadi sangat penting”

Sudah sangat jelas dalam kutipan latarbelakang pembuatan undang undang ini memang sangat urgent untuk saat ini, maka sangat lah tepat dibuat undang-undang ini. Agar semua transaksi elektronik dan segala kegiatan di dalam nya suddah mempunyai paying hukum yang kuat.

“Pelanggaran hukum dalam transaksi perdagangan elektronik dan perbuatan hukum di dunia maya lainnya merupakan fenomena yang sangat mengkhawatirkan, mengingat tindakan carding, hacking, cracking, phising, booting, viruses, cybersquating, pornografi, perjudian, penipuan, terorisme, penyebaran informasi destruktif (cara pembuatan dan penggunaan bom) telah menjadi bagian dari aktivitas perbuatan pelaku kejahatan internet dan Information and Communication Techonology (ICT).”

Untuk kutipan kedua ini juga sudah jela s-jelas mengkhawatirkannya kerawanan kejahatan yang sudah terrjadi di dunia khususnya di Indonesia. Kita berharap sasja semoga undang-undang ini akan sangat berguna bagi masyarakat di Indonesia.

Pada akhirnya , semua itu bermuara pada tujuan awal yaitu menuju pemerintahan yang maju dan berbasiskan internet sehingga dapat dicapainya pemerintahan yang baik dan moderen demi tercapainya tujuan pembangunan nasional di segala aspek kehidupan. Penerapan Teknologi informasi dalam pertahanan dan keamanan Negara

Kita ketahui bersama wilayah Indonesia terdiri dari tiga belas ribu pulau lebih yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Dan juga 70 persen wilayah Indonesia adalah lautan dan langsung berbatasan dengan lautan dan Negara tetangga. Perlukah teknologi informasi di dalam system pertahanan keamanan nya? Ya jawab nya sangat-sangat diperlukan sekali. Mengapa? Contoh mudah saja, apabila kita naik pesawat saja, apajadinya kalau tidak ada salah satu alat penunjuk arah atau GPS dan radar trus akan terbang sampai kemana kita? Bisa –bisa kita akan mendarat dilautan atau diu puncak gunung Merapi? Bahaya kan?

Dari contoh tadi bisa diambil kesimpulan bahwa kebutuhan teknologi informasi memang sangat dibutuhkan sekali. Tentunya dalam bidang militer yang juga akan digunakan untuk melindungi batas Negara, mendukung pertahan keamanan Negara.Untuk mengetahui bahwa wilayah Negara kita aman , para anggota personel yang ada di bagian operator dan system informasi di pusat-pusat pertahanan Negara itu selalu menggunakan teknologi informasi dalam pelaksanaan tugasnya. Data dari radar yang diterima dari satelit yang ada di luar angkasa diolah oleh para personel yang mengurusi system ini dengan computer dan alat-alat canggih lain yang sudah terkoneksi secara konstan dan dapat dilihat secara real time pada layer monitor ataupun tampilan lain, seperti layar besar dan juga langsung biasa di dapatkan hardcopy nya berupa print-out tentang keadaan perbatasan atau pun wilayah teritori Indonesia .Dengan demikian segala ancaman bahaya berupa infiltrasi, spying, dan hal lain yang merugikan Negara dapat langsung diketahui dan dicegah. Demikian sedikit tulisan yang dapat kita tulis semoga bermanfaat bagi semua.

Sesuai dengan harapan penulis, dapat disimpulkan bahwa pemerintahan kita bisa membuat suatu sistem yang dapat mendukung semua aspek kehidupan melalui pengembangan dan peningkatan penguasaan teknologi informasi bagi masyarakat dan aparatur pemerintahannya. Sehingga dengan ini bisa membuat suatu iklim kehidupan bernegara yang lebih baik dan pada kesempatan ini penulis juga berharap semua sistem yang sudah ada dalam e-government ini bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Semoga layanan internet gratis bisa terwujud dan menjangkau sampai di kampung-kampung dan daerah pelosok tanah air ini, sehingga dapat memperlancar informasi dan pada akhirnya bisa mendukung suatu masyarakat yang berbasis teknologi informasi. Walaupun tidak gratis dulu tidak masalah asal bisa terjangkau dulu sampai ke masyarakat bawah juga lebih baik. Dan juga di perlukan pemerataan pembangunan internet umum di setiap kecamatan di seluruh Indonesaia itu juga bisa meminimalisir gap informasi yang terjadi.

Reff : UU ITE

About Masgie

WOW!!!

Posted on 21 August 2008, in Global News and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: